ONE DAY TRIP : Ekowisata Boonpring (Waduk Andeman) dan Hutan Pinus Semeru

Wisata Keluarga di Malang Selatan

Oke, liburan akhir tahun udah lewat, kota Malang kembali sedikit normal macetnya setelah beberapa hari jalanan kota ini harus kerja keras menampung beban kendaraan dari roda dua sampe roda banyak diatasnya. Yak, pemandangan kayak gini udah nggak asing lagi buat kota wisata yang udah pasti jadi tujuan banyak orang buat ngehabisin liburan akhir tahun mereka dengan orang yang disayang seperti keluarga, temen, pacar, pacarnya temen (?)

Gue juga salah satu dari mereka yang tetep pingin nikmatin libur dengan pergi keluar, nggak cuma diem duduk dirumah nonton pombop pepen (read : spongebob ) sembari nunggu pagi dimana gue harus kerja lagi. Sekalipun tau kalo ini artinya gue harus berkutat dengan kemacetan naudzubillah jalanan kota ini waktu liburan, but ini liburan men, hal ngeselin kayak gini emang yang harus terjadi pas liburan, macet, antri tiket, rebutan mainan di timezone, apapun itu yang kayaknya ngeselin dan emang itu ngeselin, dia bakal jadi kenangan tersendiri buat kita.

Dan inilah dia, one day trip gue kali ini, yang tadinya mau ke coban supit urang, tapi karena waktu udah menunjukkan pukul 10 pagi, gue batalin dah, nggak bakal lega nikmatin trekking ke supit urang kalo udah sesiang ini, dan akhirnya gue pergi ke daerah selatan Malang, Turen. Batalnya ke supit urang ini murni bukan gara-gara macet, ini gara-gara nganterin cewek bawel ( read : pacar ) berburu diskonan baju gamis did deket alun-alun kota, ya walaupun cuma bentar tapi itu udah cukup bikin gue diem matung diujung ruangan ngelihatin kaum hawa lari sana sini rebutan baju.

Tujuan gue adalah waduk andeman dan hutan pinus yang terletak di Turen, yak setidaknya itulah nama tempat yang gue tahu waktu itu dan gue gatau lokasinya. Yang jelas kita jalan aja kea rah Turen dengan terus siaga membaca setiap tanda baca yang ada. Karen ague juga baru tahu kemaren kalo tenyata waduk andeman itu udah ada petunjuk arahnya. ituloh yang tanda gede warna ijo yang biasanya dipasang disetiap tikungan, ikutin aja arah menuju ekowisata boonpring yaaa karena waduk ini letaknya di dalem ekowisata boonpring. Kenapa namanya boonpring, mungkin karena boon dari kebon (kebun) dan pring (bambu), jadi boonpring adalah ekowisata kebun bambu, mungkin aja, habis disana banyak banget bambu.

Gampang sebenernya kalo mau kesini, tinggal jalan lurus doing ngikutin jalannya, ntar juga sampe di gapura dari bamboo yang udah pasti bertuliskan ekowisata boonpring yang terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Tempatnya ? tadinya gue kira disini cuma waduk doang yang dikelilingi hutan bambu,  ternyata enggak, dengan semua fasilitas yang tersedia tempat ini cocok buat wisata keluarga, nyaman buat ngajak anak-anak jalan-jalan keluar daripada mereka ribet dengan gadget mereka sendiri kayak kebanyakan anak sekarang yang gue tahu.

ekowisata boonpring
Waduk Andeman dan Pulau Putri
ekowisata boonpring
Refleksi Ikan

Dengan tiket masuk hanya 5000 per orang yang bakal naik jadi 8000 per orang mulai 1 januari 2018, disini ada fasilitas kayak kolam renang, udah pasti ada waduk yang nyewain perahu buat ngelilingi waduk kecil ini, ada perahu boat, perahu kayuh yang bentuk bebek isi 2 dan 4 orang, ada persewaan kuda, atv,  flying fox, ada yang ojek motor roda tiga buat mereka yang mau berkeliling wilayah ekowisata, penjual ditata di jalan pinggir waduk, yak tentu saja ada biaya sendiri buat itu semua diluar tiket masuk. Yang bikin gue nggak habis pikir karena kaget juga, waktu itu gue mikir cobak disini ada tempat refleksi ikan, dimana kita duduk masukin kaki ke kolam dan ikan akan datang ngegigitin kaki-kaki kita. Dan kalian tahu, gue jalan terus hingga akhirnya gue nemu kolam ini, kolam dengan ikan-ikan kecil didalamnya yang emang disediain buat refleksi, dan bagian terbaiknya buat gue, ini gratis.

Kalo untuk kekurangan, gue sendiri agak sayang dengan kondisi pulau yang ada ditengah waduk, ya ditengah waduk ada pulau yang dihubungin dengan jembatan kecil. Kondisinya kurang terawat, atau mungkin emang masih dalam tahap pengembangan,  gue udah ngebayangin kalo taman di pulau ini udah ketata dan misal disekeliling pulau ditanemi bambu-bambu hias, pasti bisa jadi semacam secret garden yang keren. Tapi  yang jelas, kalo kalian kesini buat cari tempat piknik yang nyaman bareng keluarga, kalian udah dijalan yang benar. lanjutkan !

ekowisata boonpring
View Awal Ekowisata

ekowisata boonpring
Boat Keliling Waduk

Hari udah menjelang sore, dan gue juga mau ke hutan pinus yang gue sendiri gatau dimana tempatnya, akhirnya pas jalan ke parkiran gue tanya ke bapak-bapak penjaga gerbang. Dari beliau gue tahu letak hutan pinus itu masih lurus ngikutin jalan utama, kalo kita udah sampe ke gapura ekowisata boonpring, yang lurus balik kea rah malang kota, itu kita belok kanan.

Dan disini ternyata ada dua hutan pinus, yang paling deket hutan pinus winong, yang jaunya kurang lebih 10 km lagi namanya hutan pinus semeru. Lha ini gue kemana yaa ? bodo amat lah, yang penting jalan dulu. Nggak beberapa lama kita udah sampe ke hutan pinus winong, deket emang, tapi gue nggak mampir, hanya lihat dari luar, karena sekilas hutannya kecil dan keliatan sepi juga. Akhinrnya gue putusin buat jalan terus dan nyoba lihat gimana kalo hutan pinus semeru.

Jalannya jauh, emang bener kayaknya jarak 10 km ini, nggak ada penunjuk arah yang jelas atau emang dasar gue yang nggak merhatiin jalan. Gue cuma jalan lurus aja ke arah desa sumber putih, hingga akhirnya jalan yang tadinya beraspal berganti dengan jalan tanah yang pasti bakal licin kalo hujan. Ini bener jalannya ? kok gue berasa nyasar ya.

Tetapi, karena sepanjang jalan kesini dan akhirnya sekalipun udah sampe jalan tanah ini gue masih ketemu mobil-mobil dan anak-anak muda yang udah pasti mereka kesini bukan buat nyangkul ke sawah, gue jadi yakin kalo gue di jalan yang benar, Alhamdulillah.

Tapi bener, hati-hati kalo kesini pas musim ujan apalagi pas keujanan, jalan ini bakal jadi licin, selalu waspada yaaaa……

Setelah beberapa lama berkutat seperti seorang croser, sampailah kita di hutan pinus yang luas, udah pasti lebih luas dari yang pertama, dan wow, ini toh yang sering seliweran di istagram, banyak spot-spot foto dan gardu pandang yang kece, ada persewaan hammock juga, buat yang pengen foto hammock disusun tingkat bisa pesen ke yang jaga. Stand makanan dan tempat parkir ada dihutan pinus sebelah kiri jalan, dan spot foto ada disebelah kanan, selain itu ada juga arena bermain dan persewaan kuda. Yaa kalo ini sih emang cocok banget buat para anak muda pemburu postingan instagram.

gardu pandang hutan pinus
Hutan Pinus Semeru

hutan pinus semeru
View Atas Hutan Pinus Semeru


Yak, itulah satu hari gue di daerah Malang selatan, Malang nggak cuma sekitaran kota, pantai, gunung, Batu, meskipun sederhana, meskipun mungkin diluar ekspetasi kita, tapi tempat-tempat diluar list yang udah pasti orang datangi ketika mereka ke Malang bisa ngasih pengalaman yang nggak kalah menariknya dengan tempat lain, nggak cuma dari tempatnya, dalam perjalan ke tempat ini kita bakal ngerasain juga suasana pedesaan yang kalo buat gue pribadi gue suka. Mulai dari senyumnya, aromanya, arsitektur rumahnya, buat gue ini udah ngedatengin ketenangan tersendiri. 

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Analisa 1 m3 Pekerjaan Beton Berdasarkan Dimensi

Rute Ternyaman Menikmati Gunung Bromo

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU DARI MALANG VIA CUNTEL