ONE DAY TRIP : Pantai Ngudel dan Coban Kedung Malang

2 Juli 2017, hari ini gue nganterin tamu istimewa gue yang udah dateng jauh-jauh dari Salatiga buat jalan-jalan di Malang, dan tujuan kita kali ini adalah pantai ngudel dan coban kedung malang jeng……..jeng………..jeng

Sebenernya gue agak kurang suka ke pantai, selain emang jauh dan motor gue cuma motor tua yang bisa batuk-batuk kalo dipaksain keujung selatan pulau jawa, sepertinya gue kurang bisa nikmatin suasana pantai yg isinya cuma air dan pasir.

Loh ? terus ngapain gue main ke pantai ? kenapa nggak ke gunung aja kayak biasanya, yang deket, nggak capek dan nggak usah ngecamp, gunung sari intan (read : toko elektronik di Malang) misalnya. Ya karena si dia ini yang suka dan pengen ke pantai, yaudah akhirnya gue milih pantai yang sekiranya bisa narik keinginan gue buat kesana dan kepilihlah pantai ngudel. Kenapa milih pantai ngudel ? alasan utamanya karena gue kepincut foto di instagram yang nunjukin posisi diatas puncak bukit dengan alas rerumputan dan pantai ngudel terlihat dibawahnya, nah ini baru keren, ditambah akses lewat bantur yang juga bisa mampir ke coban kedung malang, oke, dua tempat kece dalam sehari ! Ekspetasi gue.

Sumber @yoiki_malang
Pagi jam 6 gue berangkat ke rumah temen gue nganterin dia ngejemput ceweknya, dan perjalanan kami yang bisa dibilang double date ini dimulai. Ini pertama kalinya gue ke pantai lewat Bantur, mau gimana lagi, 3 kali ke pantai semuanya ada didaerah sendang biru, mulai dari pantai batu bengkung dan goa coban perawan, terus ke pantai tiga warna dan terakhir ke rumah apungnya cmc tiga warna. Dan menurut gue, ternyata ke pantai enakan lewat Bantur, gak banyak naik turunnya, lebih cepet, dan sepeda motor tua gue juga bisa jalan dengan lancar.

Sampai ke tanda jalan yang menunjukkan kalau pantai ngudel harus belok kanan, gue udah mulai mikir, bukitnya disebelah mana yaaa ? Nggak lama dari jalan besar udah ada orang yang ngarahin kita belok, dan gue reflek belok, matiin motor dan parkir tanpa tahu ini dimana. Apa ini pantai ngudel ? Dan ternyata tempat kita berhenti ini bukan pantai ngudel tapi bukit asmara, dan emang posisinya juga persis disebelah pantai, kalo pantai ngudel sendiri dari bukit ini masih lurus terus. “apa ini bukit yang gue lihat difoto.” batin gue.

Setelah bayar 10ribu gue jalan kearah jembatan, foto-foto dipantai di kaki bukit, keliling sebentar hingga akhirnya kita mutusin buat naik ke puncak bukit, setelah mungkin 15 menit mendaki akhirnya kita sampai dan ternyata realita tak selalu sesuai dengan perkiraan kita, ini jelas jelas bukan bukitnya, dipuncak bukit cuma tanah biasa dikelilingin pohon yang cukup tinggi ngehalangin pemandangan laut disekitarnya. Jangankan alas rerumputan dan hamparan laut luas, ini mah diatas cuma duduk doang gatau mau dan harus ngapain. Masih lebih suka waktu dipantainya tadi daripada diatas sini, sepertinya gue naik ke bukit asmara yang salah.

Berjalan Disekitar Bukit

Yasudah, setelah kita duduk bentar kita putusin buat langsung turun dan ke pantai ngudel aja, diatas sini gue nggak ngambil foto sama sekali. Pas perjalanan ke pantai ngudel, gue ngelihat bukit yang lumayan tinggi dan diatas kelihatan ada orang jalan-jalan, fix, itu bukit yang gue cari. Tapi serius, bukit itu lebih tinggi dari bukit asmara tadi, dengan tujuan gue yang masih ada satu lagi dan tenaga yang udah kekuras duluan diawal, akhirnya kami wurungin buat keatas sana dan nikmatin suasana pantai ngudel ini. Yang gue suka dari pantai ini adalah pasirnya, entah pasir pantai didaerah bantur ini emang selembut ini semua gue juga nggak tahu, yang jelas teksturnya beda dengan pantai daerah sendang biru.

one day trip malang
Keliling Pantai Ngudel

one day trip malang
Jajaran Pohon Cemara disini Kece !!

one day trip malang
Sekitar Pantai Juga Nggak Kalah  Kerennya

Setelah cukup lama main-main, sekitar jam 1 siang kami putusin buat segera balik. Dan mulailah pencarian coban kedung malang. Sebenarnya nggak perlu nyari sih, di google maps juga udah ada lokasi coban kedung malang. Tapi ini sebuah kebiasaan yang emang selalu gue jaga, sekalipun udah jelas lokasinya, kita harus tetep nyari info tambahan mengenai tujuan kita, biar kita makin yakin dengan perjalanan kita, jadi waktu perjalanan, lokasi udah ada diotak kita. Kalo coban kedung malang ini keuntungannya gue jadi tau jalannya gimana, kita beloknya di gang apa, terus selain gang tadi jalan mana lagi yang mengarah kesana, jadi pas nggak ada sinyal buat lihat map kita udah gak bingung lagi. Bukit yang gue udah cari infonya dan coba raba raba lokasinya aja akhirnya masih nyasar, apalagi kalo nggak ada info sama sekali. Soalnya emang belum ada petunjuk jalan yang jelas buat ke coban kedung malang ini.

Lokasi Menurut Google Maps

Kalo kalian dari arah Malang kota dan emang udah niat pengen ke tempat ini, kalian cari aja jalan bercabang difoto dibawah ini, ketika udah ketemu, tinggal lurus terus ngikutin jalan sampai ngelihat banner coban kedung malang. Sebetulnya jalur ini juga menurut google bisa tembus ke pantai, ada yang mau nyoba ?

Kiri ke Coban Kedung Malang, Kanan ke Pantai Selatan

Kalo yang dari arah pantai selatan dan pingin mampir ke coban ini, nggausah lewat jalan itu, kejauhan nanti muternya, cari aja kantor kecamatan bantur, lokasinya di kanan jalan kalau kalian mau ke arah malang kota. Setelah ketemu kantornya, tinggal lurus dikit nanti di kanan jalan ada gang seperti gambar di bawah. Dari gang itu tinggal lurus, setelah mentok nemu pertigaan belok kanan, kalau belok kiri nanti bakal sampai ke jalan yang digambar atas. Tinggal lurus sekitar 1.5 km aja nanti ngelihat banner di kanan jalan, yak itulah jalan ke coban kedung malang.

Masuk ke Gang


Setelah ketemu banner yang bertuliskan coban kedung malang, langsung masuk ke lokasi parkir, udah ada tempat parkir yang dibikin warga, udah nggak perlu dititipin dirumah warga lagi, untuk masuk juga kita cukup bayar seikhlasnya, belum dipatok harga. Jalannya ? jalannya sesuai bayangan gue, turun jurang, lokasi cobannya ada dibawah kita, persis kayak kalo mau ke  goa tetes atau tumpak sewu. Tapi jalannya udah disediain kok, udah jelas, cuma kita harus terus hati hati, apalagi kalo musim hujan, licin.

one day trip malang
Coban Kedung Malang
Sesampainya dibawah, gue cuma bisa wow, mungkin selain coban supit urang, gue bakal suka coban ini, kalo deket rumah bisa bolak balik kesini, beda banget sama coban tundo yang udah sukses bikin kita melongo ketika sampai disana. Kenapa suka? entah emang kebetulan atau apa, tempatnya tenang, cuma ada beberapa pengunjung, suasana dibawah tebing bikin hawanya jadi adem atau singup singup serem ya, ah bodo amat kalo itu, dimana mana juga bakal ada “gituannya” yang penting kita jaga sikap dan gausah aneh aneh aja.

Ngelihat air yang buanyak dibawah, terus jajaran bebatuan yang dilewati air terjun, subhanallah ini keren banget ! lo yang suka renang pasti langsung pengen nyemplung disini, tapi ati ati ya, airnya dalem. Selain itu disini banyak banget tomcat dibebatuan, inget kan serangga kecil berwarna merah yang sempet jadi viral di Indonesia. jadi harus hati hati juga kalo mau duduk dibatu sekitar air terjun ini.

Udah, mungkin itu yang bisa gue bagi, kalo ada yang kurang jelas atau pingin tanya-tanya, bisa tinggalin di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Analisa 1 m3 Pekerjaan Beton Berdasarkan Dimensi

Rute Ternyaman Menikmati Gunung Bromo

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU DARI MALANG VIA CUNTEL