COBAN SUPIT URANG, RIWAYATMU KINI


coban
Coban Supit Urang dulu

Kemarin,  tepat pada tahun baru ditanggal 1 januari 2019 gue pergi lagi ke tempat yang dulu jadi coban favorit gue, Coban Supit Urang, terletak di desa Madiredo, Pujon, kalian tau tempat ini ? pernah denger namanya ? atau bahkan pernah kesini ? yak, dengan jumlah hashtag ig atas nama coban ini yg cuma sekitar 1K lebih dikit, gue pribadi ngerasa tempat ini nggak terlau terkenal seperti coban lain di daerah malang.

Ada beberapa alasan yang menurut gue bikin coban ini nggak populer :
  • Coban ini letaknya lebih jauh dari coban rondo.
  • Kalo kalian nggak lihat google maps, pasti bakal susah buat kesini pas pertama kali karena di jalan masuk dari jalan utama tidak ada petunjuk arah atau tulisan selamat datang di wisata coban supit urang.
  • Dari jalan masuk untuk menuju ke checkpoint alias rumah terakhir masih lumayan, jadi awas nyasar di perkampungan aja, gue kemarin nyasar soalnya, hahaha
  • Dari rumah terakhir ke coban, dihiasi perkebunan dan jalan makadam, bukan jalan yang ramah buat sepeda motor, yah meskipun pertama kali kesini gue naik motor dengan susah payah ditengah guyuran hujan, dan setelah itu gue lebih milih jalan kaki yang memakan waktu kurang lebih 1 jam.
Atas dasar analisis gue yang gak tajem tajem amat inilah yang bikin gue mikir mungkin karena ini coban ini sepi, karena ini bukan tempat yang menurut gue bisa asal “ayok kita mampir ke supit urang”, butuh niat kalo mau main kesini karena gue sendiri dulu bisa habisin waktu disini seharian, sampe selalu bawa nasting kompor sama indomi. 

anindityan
Coban Watu Undak dulu
Tempat ini punya daya tarik tersendiri buat gue, gue seakan dapet paket lengkap disini, dimulai dari trekking menyusuri perkebunan penduduk, dapet salam ramah bahkan sayuran gratis pas pulang, dengan tiga tempat air terjunnya, oh iyah gue lupa bilang, di area sini ada 3 tempat air terjun, tempat yang pertama ya coban supit urang itu sendiri, dari sini kemudian kita akan naik tebing batu, dulu sih rencananya bakal dibikin spot panjat tebing disini buat mereka yang suka, tapi buat jalur naik keatas kita akan lewat anak tangga yang Insa Allah dibikin dengan kuat, tapi tetep harus hati hati yah, soalnya kalo jatuh bisa patah tulang kita. Setelah naik tangga dan jalan sebentar, sampailah kita di coban watu undak, dari sini ke coban terakhir yang ada diatasnya lagi, kita harus jalan berpegangan pada tali dan pohon sekitar, biar gak kepleset jatuh, menyusuri rimbunnya pohon dan ilalang, hingga akhirnya sampailah kita di coban watu talang. Gak cukup sampai disini, dengan semua haling rintang itu, pastilah kita berkeringan dan kotor, sepulah dari sini kita bisa mampir ke telaga madiredo, masih satu desa sekalipun gak satu kawasan, kita bisa berenang santai dengan menikmati hamparan kebun didepan kita. Dan selama ini gue menikmati semua ini dengan gratis.

anindityan
Coban Watu Undak dulu, kita ada diatasnya
anindityan
Telaga Madiredo dulu
Oke, dari cerita gue yang semrawut dan gajelas, bisa kalian rasakan gak ? salah satu daya tarik tersendiri menurut gue adalah sensasinya ini, gimana perjuangan kita melewati satu per satu jalan, bener bener butuh usaha dan konsentrasi ekstra ! makanya, mungkin karena kondisi itu juga yg akhirnya bikin tempat ini kurang eksis, melelahkan dan kalah sama tempat instagramable yang lain. Yah kayak, daripada trekking capek dan serem gitu mending kita ke Baca juga : Budug Asu, sama sama trekkingnya, nggak sepi pula. Atau ke coban rais aja, pas buat foto-foto ,paham kan maksut gue ?

Rimbunnya Coban Supit Urang now
Hingga akhirnya bagaimana dengan kunjungan gue tahun baru kemarin ? Gue bener bener kaget dengan segala perubahannya, tempat ini sekarang bener bener kembali alami, atau dalam kata lain ditinggalkan, itu menurut gue. Pos jaga sudah kosong tak terawat, jalan mendekati lokasi parkiran ditumbuhi ilalang tinggi, tempat luas yang dulu jadi tempat parkir sekarang udah penuh semak belukar, jalan setapak udah hampir gak keliatan, tempat ini udah balik ke kondisi alam. Yang udah bikin pejalan ecek-ecek kayak gue ciut juga, yang awalnya semangat pengen naik ke watu talang, jadi urung dan cuma sampe supit urang terus balik. Gue sendiri ditengah hutan tanpa ada pengunjung lain, sepi, tenang, serem, gue emang pecinta ketenangan, tapi ini kelewat tenang, ya kalo niat gue emang mau ngilmu atau bertapa sih gamasalah yaaa............

anindityan
Tangga yang mengantar kita ke Coban Watu Undak now

Ini dulu tempat parkirnya
Di jalan pulang, gue cuma bertanya ke diri gue sendiri, gimana ? Apa ini tetep tempat favorit lo ? Atau lo juga bakal say goodbye ke coban ini dan biarin dia menjadi asing ? Dengan kondisi yang jadi makin greget menurut gue, yang pasti gue gabakal bisa ngajak anak-anak kesini, ngasih tau ke mereka, iniloh coban seru!! Paling kalo kesini gue bakal sendiri lagi, karena tempat ini udah bener-bener jadi tempat alami sekarang, udah jauh dari kata instagramable jaman now. Tempat yang pas buat yang gapengen jauh-jauh ke gunung tapi pengen ngerasain sensasi gunung kalo sepi.

Ditengah jalan gue ketemu pak… aduh pak siapa yaaa…. oh iyah, Pak Topo, bapak baik hati yang udah ngasih sekresek penuh sayur. Kata bapaknya coban ini emang udah dibiarin seperti ini, biarin dalam kondisi “aslinya”, menjadi wisata hutan asli, katanya. Kadang beliau juga naik buat sekedar memperjelas jalan setapaknya, mengecek kondisi tangga dan talinya, yah sekalipun gak sesering waktu awal buka dulu. Dan katanya pengunjung tetep ada aja yang datang naik sekalipun nggak seramai dulu. Tetap ada yang merasa terkesan dan mencintai pesona lain dari air terjun ini, air terjun yang bebas tanpa campur tangan manusia, bebas menjadi harta karun ditengah rimbunnya hutan. Jadi mulai saat ini jika kalian mau kesini, siapin mental dan fisik yang lebih yah dan makin hati hati lagi.

yak, setelah dari coban, napak tilas dilanjutkan ke telaga madiredo. Disini gue kembali terdiam kaget, telaga ini juga udah berubah, berbanding terbalik dengan cobannya, telaga ini jadi makin tertata. Jalan ke telaga ini udah di beton, nggak tanah kayak dulu. Udah ada warung dan gazebo di pinggir telaga, sekitar telaga udah di paving, dan ada dermaga kecil dengan bamboo yang dibentuk hati dipinggirnya, yak spot kekinian.

Telaga Madiredo now

Telaga Madiredo now

Jadi setelah kalian menyendiri ditengah hutan rimba yang jauh dari “kekiniannya”, mampirlah kesini untuk membasuh rasa “out of date” itu. Atau kalian mau langsung kembali dengan membawa “out of date” itu terus dihati kalian.

Yah, jadi itulah sedikit ulasan semrawut gue dari kunjungan terakhir ke coban supit urang, bagaimana ? apa tempat ini mengundang kalian untuk berkunjung untuk merasakan “sensasinya” ?  

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Analisa 1 m3 Pekerjaan Beton Berdasarkan Dimensi

Rute Ternyaman Menikmati Gunung Bromo

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU DARI MALANG VIA CUNTEL