PESONA BUDUG ASU 2000 MDPL DI LERENG GUNUNG ARJUNA

Perjalanan ke Budug Asu Melalui Kebun Teh Wonosari

 
budug asu
Apa Kau Tidak Tertarik Dengan Yang Tersembunyi Dibalik Kabut ? 

Katanya, nama budug asu ini diambil karena dulu di puncak ada sebuah makam, dan makam itu dijaga sama anjing yang budugan, mitosnya, kalo ada anjing yang sampai sini, turunnya juga bakal budugan. Bener enggaknya ya gatau sih, yang jelas disetiap tempat memiliki ceritanya masing masing, kita sebagai pengunjung harus tetap bisa menjaga sikap kita dimanapun kita berada.

Lokasi budug asu

Budug asu terletak di lereng arjuno, masih berada di sekitar wilayah kebun teh Wonosari Lawang, Kabupaten Malang, Jawa timur. Sebenarnya ada beberapa jalur buat kesini, tapi yang terdekat ya lewat kebun teh, disamping lebih dekat, ada tempat parkirnya juga, kalo jalur lain ya harus nitip di rumah warga.

Akses jalan ke budug asu

Jalan ke Budug Asu
Banyak yang bilang jalan ke budug asu ini enak, sepeda motor bisa cuss langsung sampai ke puncak. Kalo sepeda yang dimaksud itu motor trail, oke, saya yakin banget medan kayak gini emang bisa dilewatin trail dengan gampang, apalagi buat orang yang udah biasa. Tapi kalo sekelas motor bebek sama matic, kok saya sangsi yah, sekalipun waktu kemaren kesini ya ada motor bebek yang naik walaupun nggak sampe puncak.

Kenapa saya mikir gitu ? dari mulai kebun teh sampe dibawah puncaknya, medannya itu 90% makadam semua, iya kalo makadamnya rapi dan jalannya datar, lha ini udah kadang ada yang nanjak banget, batunya gede-gede yang kalo sepeda motor tua saya naik, udah pasti bakal setel pelg, ganti kampas, ganti skok, atau ganti sepeda sekalian. 

Oke, ini kan menurut saya, tapi kalo ternyata di kebun teh itu ada beberapa jalan yang mengarah ke budug asu dan jalannya ramah buat motor, yaaa mungkin nggak bakal sampai kayak banyangan saya, tapi untuk jalur yang saya lewati, menurut saya gak recomended banget buat motor biasa. Lebih enak jalan kaki atau naik trail sekalian.

Jalan kaki ke budug asu makan waktu kurang lebih 2-3 jam kalo normal jalan santai nggak kebanyakan berhenti ditengah jalan, suasananya enak kok, sejuk, setelah keluar kebun teh masuk ke kebun kopi, banyak pohon pohon rindang dan kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara (?).

Jalan licin
Jalan Tanah Yang Licin Waktu Hujan
setelah hampir sampai, nanti ketemu gubuk yang kayak loket sebelum nanjak ke puncak, tapi itu bukan loket sih, lebih ke tempat persewaan alat kemping. setelah itu jalur berganti ke jalur tanah yang tanahnya berbekas ban sepeda motor trail. Kalo ujan, dan saya sendiri waktu pulang keujanan, jalanan ini jadi licin banget, itu bekas ban jadi kayak saluran drainase keisi air, bahkan gak jarang bikin korban berjatuhan terpeleset sana sini.

Jadi, buat yang kesini, usahakan jangan pas musim hujan, kalo emang pas musim hujan, ya siap siap fisik dan selalu hati hati kalo kena jalan licin kayak gitu. Buat yang jalan kaki loh yaaa, kalo buat yang naik motor trail saya nggak tau, belum pernah nyoba. Dan saya pribadi nggak menyarankan buat bawa motor bebek atau matic. Lebih enak jalan, start pagi jam 8-9 dari kebun teh, jam 1-2 turun lagi, mantap buat yang mau latihan mendaki.
 
Jalan Bebatuan ke Budug Asu

Kondisi di puncak budug asu

Puncak Budug Asu
View di puncak bener bener kece, jajaran lereng gunung arjuna, persawahan, dan lainnya bikin waw banget ngeliat dari atas sini, pas buat pengganti walpaper desktop biar lebih seger. Ada yang berbeda dengan foto foto lama yang banyak beredar, wilayah puncaknya meluas, ilalang ilalang tinggi dipinggir jalan sekarang tinggal disisi sisi lerengnya, jadi kalo mau foto di ilalang hati hati yaaa, jangan sampai jatuh. Hasil yang indah emang butuh perjuangan, tapi tetap jaga dirimu agar kau tetap bisa menikmati hasil perjuanganmu.

 Ada gardu pandang dan juga kafe buat yang kelaperan pas ada di puncak, tapi kafe ini bukanya pas wekend doang dan yang jelas bakal ramai wekend disini, selain emang ini merupakan jujukan para pecinta motocross dan sejenisnya, dengan view yang sekece ini jelas menarik perhatian banyak orang buat kesini. Jadi kalo pengen ngerasain tenangnya budug asu ya sebaiknya kesini pas hari biasa.

Oh iyaa, disana juga ada tempat sampah dan toilet, jadi nggak usah susah susah cari pohon, rerumputan atau lempar sampah kita sembarangan karena udah ada tempatnya kok diatas.


Kayaknya itu aja yang bisa saya bagi, semoga bisa berguna buat yang mau atau sudah dari budug asu, tetap jaga alam dan jaga sikap kita dimanapun kita berada. Selalu persiapkan semuanya karena kita nggak akan tahu apa saja yang nanti bakal terjadi sekalipun hanya pergi sebentar.

Petapa Dan Pengikutnya










Comments

Popular posts from this blog

Membuat Analisa 1 m3 Pekerjaan Beton Berdasarkan Dimensi

Rute Ternyaman Menikmati Gunung Bromo

Bagaimana Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) ?