PENDAKIAN GUNUNG MERBABU DARI MALANG VIA CUNTEL

Pendakian Gunung Merbabu

Sebenarnya pendakian ini udah lama, tapi karena pingin banget nulis sekalian buat kenangan kalau seandainya nanti gue lupa pengalaman ini, jadi inilah, pengalaman gue waktu mendaki ke gunung merbabu.

Oke, gue inget banget tanggal itu, 5 Mei 2016, selain karena difoto ada tanggalnya, gue inget pasti kalo itu pas tanggal merah yang hampir jejer jadi kayak weekend panjang. Anggotanya 4 orang, gue, sodara gue cewek, cewek gue, dan temen gue. Semuanya udah kami siapin mulai dari biaya, logistik, sewa alat, P3K, lama pendakian, dan sebagainya, yang jelas, itu merupakan persiapan paling mateng yang coba gue bikin. Tapi ternyata gue lupain satu hal dari semua itu, kenyataan kalo itu adalah hari yang pas banget buat liburan, mampus !

Bukan masalah kalo udah pesen tiket jauh jauh hari, tapi waktu itu gue nggak pesen tiket bis malem dulu karena takut ada sebuah acara yang akan menggagalkan acara gue, entah itu dari kampus atau kantor. Dan jadilah diputuskan buat oper bis dari Malang ke Surabaya lanjut ke Solo dan terakhir ke Salatiga.

Kok naik bis, kenapa gak naik kereta aja ? Selain bis lebih murah, setau gue jadwal kereta dari Malang ke Solo kebanyakan pada pagi dan siang hari, jadi gak mungkin naik kereta, kan rabu pagi masih kerja. Kalo berangkat kamis pagi, pertimbangannya kami pingin Kamis, Jum’at, Sabtu itu di gunung, secara merbabu jauh, kami nggak pingin terlalu terburu” yang nantinya berimbas pada rasa njarem pada kaki. Kalo naik bis, kami bisa berangkat malam hari sekitar pukul 20.00 dan sampai di Salatiga kurang lebih jam 05.00 – 06.00 pagi. Udah yakin ini, secara gue udah sering praktek juga, orang cewek gue anak Salatiga, Jadi untuk keperluan logistik dan sewa alat udah diatur juga disana, jadi bawaan dari Malang nggak terlalu berat lah.

Tapi sekali lagi, karena gue ngeremehin the power of weekend, jadwalnya mundur. Bis malem ke Solo atau Salatiga udah habis semua, bis ekonomi udah full, kami bertiga nunggu di pinggir jalan daerah Singosari nggak dapet dapet. Ya beruntung ditawarin semacam travel atau apa itu yang biasa nganter orang dari bandara, dan dia mau balik lagi ke Surabaya, daripada kelamaan nunggu bis, kami putusin naik itu, harganya ? sama kayak bis patas waktu itu, per orang 25 ribu. Semobil isi 6 termasuk supir dan bapak bapak yang tadinya naik bis dari arjosari tapi turun di pasar Singosari karena bisnya kelewat penuh dan takut kecopetan.

Perjalanan Malang Surabaya yang biasanya cuma 2 jam, waktu itu bisa 3-4 jam, itu pake mobil pribadi, yang sama supirnya dilewatin tol dan dimasukin jalan” kecil buat menghindari macet. Nggak cuma sampe disitu, di terminal Surabaya, bis ke arah Solo mau yang patas atau ekonomi, habis semua. Sejam nunggu diterminal, muter-muter area parkir bis hasilnya nihil! Menurut info abang kernet bison, bisnya itu langsung berangkat dari garasinya sana, jadi nggak sempet masuk terminal, oke, kami percaya, kami naik bison ke garasi bis dengan ongkos kalo nggak salah 15 ribu per orang. Sesampainya disana, ternyata nggak jauh beda sama terminal, banyak yang ngantri. Tapi setelah nunggu dan rebutan, akhirnya bisa naik bis ekonomi juga ke Solo, setidaknya perkiraan gue kalo kami bakal nunggu sampai pagi nggak terwujud, alhamdulilah. untuk info aja, bis ekonomi dari Surabaya ke Solo 47 ribu, kalau patas 85 ribu.

Kondisi perjalanan Surabaya ke Solo juga nggak jauh beda sama Malang ke Surabaya, bis penuh sesak, jalanan macet, kami baru sampe Solo jam 07.00, oke, ini diluar perkiraan gue, dan sejak itu gue nggak mau lagi ngeremehin yang namanya mudik atau weekend.

Kami sampai di Salatiga jam 09.00, dank arena beratnya perjalanan yang sampai bikin temen gue mabuk, kita istirahat dulu dan baru mulai jalan jam 16.00. Kami di sini mendaki melalui jalur cunthel, kenapa ? Jelas karena lokasinya searah sama rumah cewek gue, tinggal lurus doang, lebih deket daripada harus balik ke Selo atau ke wekas yang ada di Kabupaten Magelang. Selain itu juga kalau jalur Selo, saudara gue udah pernah, menurut dia itu jalur pendakian paling mudah, soalnya banyak datarnya, tapi trek jadi lebih panjang dan nggak ada mata air disana.
pendakian gunung merbau
Jalur Gunung Merbabu
             Dari pasar sapi kalian bisa carter kendaraan, tapi kebanyakan kendaraan disini pasti ngarahin ke jalur wekas dengan biaya 350 ribu kalo nggak salah waktu itu sekali jalan, dengan dibantu calon mertua gue (amin), akhirnya kita dapet mobil yang mau nganter ke jalur cuntel dengan biaya 150 ribu, tapi ya resikonya karena jarang ada yang lewat sini kalo nggak pake kendaraan pribadi, jadinya buat balik lagi ke pasar sapi susah, kami jalan kaki dari pos perijinan turun sampe di jalan utama yang makan waktu kurang lebih 1-2 jam.

Sori, gue lupa berapa biaya masuknya, yang jelas nggak sampe kayak gunung semeru yang 30 ribu per hari. Nanti dipos juga akan dikasih peta dan dikasih tahu posisi 3 sumber mata air, padahal setahu gue cuma ada 2. Ternyata, ada satu sumber yang selama gue searching di berbagai pengalaman ke merbabu nggak termuat, yaemang sih lokasinya nggak masuk di jalur utama pendakian, makanya nggak banyak orang yang tahu, kalo berdasarkan peta diatas, ada disekitar kawah.

pasangan pendaki
Jalur Pendakian Cuntel
Untuk pendakian, gue nggak akan cerita banyak, sekalipun kondisinya malam, jalanan merbabu cukup nyaman buat didaki, nggak terlalu berat menurut gue, makanya banyak yang bilang jalur pendakian gunung merbabu ramah untuk pendaki pemula. Perjalanan ke tempat camp di pos 3 cukup lancar, tadinya pingin lebih keatas, ngecamp di pos IV pemancar, tapi urung karena waktu udah malem dan capek gara-gara perjalanan ke Salatiga masih kerasa, yasudahlah, gausa dipaksa.

matahari terbit gunung merbabu
Pagi Hari Gunung Merbabu

Besoknya, hari Jum’at hari untuk menggapai puncak, sekitar jam 08.00 setelah selesai sarapan dan nyipin bekal, kita berangkat. Disini gue bersyukur semalem gak nekat naik ke pos pemancar, jalannya lumayan juga ternyata, kayak trek ke arcopodonya semeru.

view pos pemancar merbabu
Perjalanan ke Pos Pemancar

Pos IV Pemancar

Medan gunung merbabu mulai berasa setelah ini ngelewati pos ini, disini kondisinya semakin terjal, berbatu, buat gue trek disini bener bener keren, saking konsennya nikmatin manjat batu batuan, gue sampe nggak sempet ngabadiin trek ini. Yang jelas gue mikirnya balik lagi lewat sini bakal susah dan makan waktu, harus pelan dan hati hati dalam berpijak. Tapi ternyata enggak, kalau tujuan kalian ke puncak kenteng songo, buat baliknya kalian bisa lewat jalan lain yang kata gue lebih enak daripada harus lewat jalan bebatuan itu, sekaligus ngelewatin mata air juga buat persediaan di tenda. Tapi kalo yang ke puncak syarif, semangat dan terus hati hati.

Tepat tengah hari kami hampir tiba di kenteng songo, sebelum itu  harus ngelewatin tempat yang selalu gue searching selain jembatan setan merbabu, ondo rante.
ondo rante
Ondo Rante
ondo rante gunung merbabu
Pilih Cara yang Lo Suka

Tadinya gue sempet khawatir bakal kesusahan lewat sini, dilihat dari bentuk, kondisi dan cara ngelewatinnya di banyak foto di internet. Syukurlah, ternyata kenyataannya nggak kayak expetasi gue, tebing itu nggak terlalu tinggi, sekitar 3-5 meter, pijakannya juga enak, nggak licin, bahkan bisa langsung ndaki dengan tali yang udah tersedia, ondo rante ini mirip sama cara buat ke air terjun utamanya madakaripura. Harus tetap tenang dan hati hati dalam melangkah.

Kalo buat gue sendiri yang malah trek setelah ondo rante ini lebih susah, waktu kondisi gerimis, jalan juga cuma setapak, licin, naiknya harus gantian, disini butuh tenaga lebih lagi buat ngelewatinnya.

Antri Yah Naiknya
         Dengan ngelawatin itu semua sampelah kita ke puncak kenteng songo, salah satu puncak gunung merbabu. Gunung ini dan usaha yang dibutuhkan buat sampai ke sini bener bener istimewa.
puncak gunung merbabu
Puncak Kenteng Songo
              Yah, itulah sedikit cerita gue waktu ke gunung merbabu, kepanjangan nggak sih ? Atau kurang lengkap ? Ah biarlah. Oh iya, satu lagi, kalo lewat jalur sini, mungkin tertarik buat  foto di bukit kerinduan, lokasinya deket kok sama pos perijinan, kalo cuaca cerah viewnya juga oke.

pasangan LDR
Pejuang Jarak Melepas Rindu di Bukit Kerinduan.

Popular posts from this blog